Senin, 14 Maret 2011

Sungai

Sungai adalah air tawar yang mengalir dari sumbernya di daratan menuju dan bermuara di laut, danau atau sungai yang lebih besar, aliran sungai merupakan aliran yang bersumber dari limpasan yaitu : limpasan yang berasal dari hujan, gletser, limpasan dari anak-anak sungai dan limpasan dari air tanah.
Adapun manfaat sungai bagi manusia adalah sebagai berikut :
a. Sumber air bagi pengairan wilayah pertanian atau irigasi dan usaha perikanan darat
b. Sumber tenaga listrik untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
c. Tempat untuk mengembangbiakkan dan menangkap ikan guna memenuhi kebutuhan manusia akan protein hewani
d. Tempat rekreasi, melihat keindahan air terjun
e. Tempat berolahraga seperti berperahu pada arus deras, lomba dayung
f. Tempat untuk memenuhi kebutuhan air untuk kehidupan sehari-hari bagi penduduk yang tinggal di tepi sungai, seperti mencuci, mandi, dsb.

Masih ingatkah kalian tentang pembagian jenis-jenis sungai?
Jenis sungai antara lain dibagi berdasarkan 2 hal yaitu :

a. Berdasarkan pola alirannya sungai dibagi menjadi 7 yaitu :

Radial sentripetal,radial sentrufugal, pinnate,trelis,annular,denritik,rectangular.Pinnate adalah aliran sungai yang muara anak sungai membentuk sudut lancip dengan sungai induk.Biasanya terdapat pada bukit yang lerengnya terjal.Anular adalah variasi dari radial terdapat pada dome atau kaldera yang sudah mencapai stadium dewasa dan sudah timbul konsekuen, subsekuen, resekuen dan obsekuen.Rectangular adalah pola pada daerah struktur patahan sesungguhnya ataupun hanya joint (retakan) merupakan pola aliran siku.Trelis adalah pola seperti tralis, sunagai mengalir sepanjang lembah bentukan antiklinal dan sinklinal paralel. Radial Sentrifugal adalah pola kerucut gunung atau dome yang baru mencapai stadium muda dan pola menuruni lereng. Radial Sentripetal adalah pola pada suatu kawah atau creater kaldera gunung api atau depresi lain, aliran ke pusat.Denritik, pola aliran bercabang.

b. Berdasarkan genetiknya dibagi menjadi 5 yaitu :

1. Sungai Konsekwensi
2. Sungai Subsekwensi
3. Sungai Obsekwen
4. Sungai Resekwen
5. Sungai Insekwen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar